Kang Giri : Museum Peradaban Untuk Masa Depan yang Beradab

Ponorogo, Meraksatu.com - Kang Giri sapaan akrab Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Rabu (15/12/2021) menerima langsung replika artefak dari Museum Gubung Wayang Mojokerto di Rumah Dinas Bupati Ponorogo. Museum Peradaban ini untuk masa depan yang beradap. 

Ada sebanyak 14 almari diantaranya ada 1 almari patung Gajah Mada ( Panglima perang  dan mahapatih kerajaan Majapahit), 1 almari miniatur candi, dan 12 almari patung wanita Majapahit dengan ciri khas busana dan peradaban yang berkembang pada masa itu.

Acara serah terima artefak ini dihadiri langsung oleh Cyntia Handy, Direktur Museum Gubug Wayang.

Saat di temui Meraksatu.com Cyntia Handy mengatakan terimakasih kepada Bupati yang telah memberikan kepercayaan kepada Museum Gubug Wayang,"Terima kasih Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Museum Gubug Wayang diberikan kepercayaan ikut berjuang dalam memajukan kebudayaan di Ponorogo. Pertama kali saya komunikasi dengan Pak Bupati melalui telfon Whatsapp, dengan nadanya saya bisa langsung menerjemahkan keseriusan dan komitmen beliau untuk kemajuan budaya di Ponorogo. Kami ke Ponorogo membawa 14 almari temporari museum dengan tema peradaban Majapahit yang diwakili oleh wanita-wanita Majapahit,"katanya.

Museum temporari ini akan berganti tema setiap 6 bulan sekali dan akan menjadi embrio awal dimulainya semangat membangun Museum Peradaban yang rencananya akan bertempat di Gunung Gamping, Kec. Sampung, Ponorogo.

Sementara itu, Sugiri Sancoko mengungkapkan, bahwa akan membangun museum peradaban di gunung gamping Ponorogo,"Kami sudah lama mendengungkan di visi misi maupun di RPJM (Rencana Pembangungan Jangka Menengah) dan di beberapa Musrenbang, kami ingin ada museum peradaban di Ponorogo di bawah monumen Reyog, "ungkapnya.

Sugiri juga bersyukur atas pacuan dari museum gubug wayang mojokerto,"Alhamdulillah, hari ini saya bertemu Ibu Cyntia dari Museum Gubug Wayang ini  untuk memacu dan memicu adanya Museum Peradaban yang akan menceritakan perjalanan Ponorogo dari nol sampai sekarang. Mudah-mudahan kedepan menjadi kenyataan serta pengingat yang indah agar kelak anak cucu kita menjadi beradab,"jelas Sugiri. (Am/Dar/Jar/Bad/Mad/C) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama