Jawab Tantangan Kang Bupati, SMKN 1 Slahung Buat Road Sweeper

Ponorogo, Meraksatu.com - Kang Bupati Sugiri Sancoko dibuat terpukau dengan Truk Road Sweeper yang dibuat oleh SMKN 1 Slahung bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kamis (06/01/2022).

Kuntowiyono, Kepala SMKN 1 Slahung mengungkapkan bahwa Road Sweeper ini merupakan jawaban dari tantangan yang diberikan oleh Kang Bupati.

"Awal mula, kita ketemu Pak Bupati bahwasannya selaku SMK kan mestinya bisa membuat suatu produk yang bermanfaat bagi orang banyak, maka waktu itu kita diberi truk dari Dinas LH untuk membuat Mobil Penyapu Jalan" buka Kuntowiyono.

Kang Bupati sempat menawarkan untuk membelikan truk baru, namun ditolak oleh Kuntowiyono dan lebih memilih untuk melakukan restorasi Truk dari LH agar lebih menantang.

"Kami kolaborasi dengan berbagai pihak, baik sesama sekolah maupun dengan alumni. Mulai dari blower, generator, sampai sweeper semuanya dibikin sendiri," lanjut kuntowiyono.

Kuntowiyono menambahkan bahwa, "umumnya Truk Road Sweeper harganya 4-5 milyar. Namun ketika membuat sendiri ternyata hanya menghabiskan biaya sebesar 240 juta".

"Kemungkinan Senin pagi akan diujicoba oleh Dinas LH di Jalan HOS Tjokroaminoto," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengungkapkan kekagumannya kepada SMKN 1 Slahung yang mampu merestorasi truk bekas menjadi Truk Road Sweeper.

"Saya melihat foto bahwa kendaraan yang sebelumnya super remuk bisa diperbaiki sehingga berfungsi normal, ini luar biasa," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kang Bupati yang telah berkomitmen untuk melibatkan SMK dalam segala kegiatan pemerintahan.

"Saya harus mengungkapkan terimakasih karena semua aktivitas Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang bisa memanfaatkan SMK, akan dilibatkan oleh Pemkab Ponorogo. Terimakasih Kang Giri," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama