Sambangi Seniman, Johan Budi Siap Perjuangkan Reog Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO

Ponorogo, Meraksatu.com - Johan Budi Sapto Prabowo atau lebih dikenal dengan nama Johan Budi, anggota Komisi II DPR RI daerah pemilihan Jawa Timur VII dari Fraksi PDI Perjuangan siap ikut berjuang bersama seluruh masyarakat Ponorogo untuk mengantarkan Reog sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Dukungan yang diberikan oleh Johan Budi juga disambut baik oleh para Seniman Reog. Terbukti walaupun dibawah guyuran hujan, sore ini para seniman tetap solid menyambut kedatangan anggota DPR RI ini di Jalan Puspowarno atau lebih dikenal Jalan Prajuritan, Sabtu (15/01/2022).

Mbah Pur, tuan rumah sekaligus sesepuh Reog Ponorogo menuturkan bahwa ia sangat bersemangat untuk menyambut kedatangan Johan Budi yang didampingi oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko dan Bunda Lisdyarita.

"Gak papa reog saya kehujanan, rusak ya buat lagi. Yang penting sekarang mari menyatukan tekad agar Reog Ponorogo dapat diakui oleh UNESCO," tutur Mbah Pur.

Sementara itu Johan Budi mengungkapkan bahwa acara seperti ini adalah satu langkah penting yang harus diagendakan.

"Ini merupakan acara yang penting untuk dilakukan. Agar reog dapat kita perjuangkan bersama agar menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO," ungkap Johan Budi usai mendapatkan kehormatan dipanggul diatas kepala Reog.

Ia mengungkapkan bahwa acara rembugan hari ini digelar bersama pandemen Reog di Ponorogo untuk mendengarkan keinginan masyarakat Ponorogo agar reog bisa diakui dunia sebagai warisan budaya.

"Sebelum acara ini saya sudah bertemu dengan tokoh reog dan bupati agar ketua DPR-RI Puan Maharani bisa menjadi brand ambassador reog Ponorogo. Dan ternyata beliau sanggup," terangnya.

Ditempat yang sama, Kang Bupati Sugiri Sancoko mengaku bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Johan Budi untuk memperjuangkan Reog agar diakui UNESCO. Bahkan orang nomor satu di Ponorogo itu juga siap menyambut kedatangan ketua DPR RI Puan Maharani di Ponorogo Februari mendatang.

"Kami akan siapkan acara Rembug Ageng Reog Ponorogo sekaligus mengukuhkan Mbak Puan Maharani menjadi Brand Ambassador Reog Ponorogo," tegas Kang Bupati.

Bupati yang juga seorang budayawan tersebut telah merencanakan bahwa acara Rembug Ageng Reog Ponorogo nanti juga akan melibatkan seluruh Grub Reog yang ada di mancanegara melalui sambungan teleconference. Hal ini akan menjadi sejarah tersendiri bagi perjalanan Reog Ponorogo.

"Kami akan mengundang seluruh Grub Reog yang ada di luar negeri. Dan Alhamdulillah Mbak Puan juga telah mengagendakan untuk hadir dan berkenan menjadi brand ambassador Reog Ponorogo," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama