Tingkatkan Kesadaran Mengelola Sampah, Kang Bupati Resmikan TPS-3R Surodikraman.

Ponorogo, Meraksatu.com - Masyarakat Kelurahan Surodikraman kini tidak lagi kesulitan dalam mengelola sampah mereka, pasalnya kini telah ada Sarana dan Prasarana Sanitasi TPS-3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduse-Reuse-Recycle) yang baru terletak di Jalan Subali, Kelurahan Surodikraman.

"Sementara telah ada 3 TPS-3R sejenis," ungkap Kang Bupati Sugiri usai resmikan TPS-3R di Kelurahan Surodikraman, Jum'at (21/01/2022).

Ia juga menekankan kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengolah sampah agar tidak menjadi permasalahan lingkungan.

"Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memulai memantik kesadaran. Prinsipnya sampah yang dulu dianggap masalah apabila diolah dengan baik maka akan bisa menjadi berkah," tegasnya.

Dengan adanya TPS-3R di Kelurahan Surodikraman, maka permasalahan sampah akan lebih mudah diatasi karena sampah yang masuk di TPS-3R akan diolah sesuai jenisnya dan selesai tanpa ada residu.

"Yang organik dicacah untuk menjadi pupuk, yang residunya tinggi seperti plastik, tissu basah, bekas popok, bekas pembalut, bekas apapun yang tidak bisa diurai oleh bakteri ratusan tahun kita sudah temukan solusinya menjadi RDF pengganti briket," jelasnya. 

Kang Giri berharap kedepan masyarakat lebih kreatif dalam mengelola sampah, terlebih sekarang telah ada anggaran RT yang dapat digunakan sebagai pemantik kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah.

"Maka kedepan di desa harus ada kesadaran yang tinggi agar membuang sampah pada tempatnya. Kemudian kebijakan kami ada anggaran RT per tahun, salah satunya adalah untuk mengelola sampah," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama