Alhamdulillah... Reog Ponorogo Dapat Rekomendasi untuk Diajukan ke ICH-UNESCO

Ponorogo, meraksatu.com - Tinggal selangkah lagi, usaha Pemkab Ponorogo yang digawangi oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko dalam mengajukan Reog Ponorogo ke ICH-UNESCO akan membuahkan hasil.

Hari ini, Jum'at (18/02/2022) Kang Bupati telah menerima pengumuman hasil seleksi usulan WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) Indonesia dari Tim Penilai yang terdiri atas Tim Juri dan Tim Direktorat Jenderal Kebudayaan dimana Reog Ponorogo masuk dalam kategori nominasi tunggal.

Usai mendapat kabar tersebut, maka Kang Bupati berinisiatif untuk menggelar tasyakuran yang diakhiri dengan pertunjukan reog secara terbatas di halaman Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo.

"Hari ini saya bersyukur kepada Allah SWT karena upaya kita mengusulkan reog menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO telah terbuka lebar," ungkapnya.

Bupati yang juga seorang Tokoh Budayawan Jawa Timur itu menjelaskan, bahwa masih banyak PR yang harus segera dikerjakan untuk memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh UNESCO.

"Baik tenaga ahli, pegiat reog dan yang bekerja sebagai tim teknis pada hari ini harus bekerja keras untuk mewujudkan berbagai hal. Pertama naskah akademik harus komplit, timeline harus komplit, kemudian kami juga harus disuruh membuat video selama 10 menit yang berisi racikan reog secara utuh," jelasnya.

Ia memohon doa restu kepada seluruh masyarakat Ponorogo agar dilancarkan segala usaha untuk membawa Ponorogo lebih baik.

"Ini tinggal 1 langkah lagi mudah-mudahan diijabah oleh Allah SWT. Mudah-mudahan dapat terwujud dan pada 2023 kita dapat inagurasi di Paris," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama