Masuki Babak Akhir, Pemerintah Kabupaten Ponorogo Gelar Sidang Verifikasi Pengusulan Reog Ponorogo ke ICH-UNESCO

Ponorogo, Meraksatu.com - Perjuangan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mengajukan Reog Ponorogo sebagai Warisan Budaya Tak Benda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO telah memasuki babak akhir.

Setelah sebelumnya mendapatkan rekomendasi sebagai nominasi tunggal untuk diajukan ke ICH UNESCO, hari ini Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Sidang Verifikasi Pengusulan Seni Pertunjukan Reog Ponorogo di Gedung PGRI, Kamis (10/03/2022).

"Jadi ketika batas waktu yang ditentukan untuk kita menyusun naskah akademik, maka hari ini adalah verifikasi. Setelah verifikasi, maka dokumen dan video kita kirim ke pemerintah pusat," tutur Kang Bupati.

Dalam sambutannya, Kang Bupati mengaku optimis bahwa reog akan masuk ke daftar ICH-UNESCO.

"Saya optimis Reog yang kita cintai ini akan masuk, oleh karena saya minta dukungan ke semua pihak agar kita mampu mendapatkan pengakuan ICH-UNESCO," ungkap Kang Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Judha Slamet Sarwo Edi menjelaskan bahwa perjuangan Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengajukan Reog ke ICH-UNESCO merupakan sebuah perjuangan panjang.

"Ini adalah agenda puncak setelah sekian lama kita berjuang. Semoga di era kepemimpinan Kang Bupati Sugiri yang notabene juga seorang budayawan, Reog Ponorogo benar-benar mampu mendapatkan Pengakuan dari ICH-UNESCO," tegas Judha.

Dalam sidang tersebut juga mengundang perwakilan pelajar, seniman, beserta pandemen reog dari seluruh penjuru Kabupaten Ponorogo.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama