Desak Pengakuan ICH-UNESCO, Seniman Gelar Orasi Reog Milik Indonesia


Ponorogo, meraksatu.com -
Dukungan terhadap Reog Ponorogo untuk diajukan ke ICH-UNESCO kian membesar. Seniman Reog Ponorogo menggelar Orasi Dukungan Reog Milik Indonesia di Blok Macan Jalan Aloon-aloon Utara, Kamis (08/04/2022).

Hari Purnomo atau yang akrab disapa Mbah Pur MPWG mengungkapkan bahwa aksi ini merupakan spontanitas dari seniman Ponorogo.

"Ini aksi spontan dari seniman Reog Ponorogo. Kita merasa bahwa reog Ponorogo benar-benar butuh kepedulian dan kehadiran dari semua seniman Reog Ponorogo dimanapun berada. Terutama yang ada di Kabupaten Ponorogo ini," ungkap Mbah Pur.

Mbah Pur juga menambahkan bahwa aksi sejenis juga akan digelar oleh para seniman reog yang tersebar seantero nusantara sebagai bentuk solidaritas.

"Insyaallah seniman-seniman Reog yang ada di Nusantara akan bergabung dan bergerak meminta kepada pemerintah RI khususnya kepada Presiden RI dan Para menteri terkait dalam pengusulan Warisan Budaya Tak Benda ke ICH UNESCO," tambahnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap jajaran di pemerintah pusat mendengar aspirasi dari para seniman Reog Ponorogo agar Reog segera dipilih dan diajukan ke ICH-UNESCO.

"Hari ini ada ribuan WA dan telepon ke saya bahwa besok mau reogan serentak di seluruh Indonesia. Kami memohon kepada pemerintah pusat terutama Pak Menteri, Mas Menteri untuk menyelamatkan Reog Ponorogo yang kita cintai ini agar benar-benar diusulkan ke UNESCO menjadi warisan budaya tak benda milik Ponorogo, Republik Indonesia," harapnya. (RS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama