Murni Misi Budaya, Ponorogo Berangkatkan 14 Seniman Reog Tanpa Didampingi Pejabat

Ponorogo, meraksatu.com - Usai pukau istana negara, kini Reog Ponorogo unjuk kebolehan di Benua Eropa. Kontingen yang terdiri 14 seniman reog ini diberangkatkan langsung oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko untuk mengemban misi kebudayaan di Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis, Selasa (06/09).

Kang Bupati menegaskan bahwa yang diberangkatkan merupakan para seniman multitalent yang dipilih dari perwakilan sanggar-sanggar di Ponorogo tanpa ada unsur pejabat didalamnya.

"Kami harus fokus kepada Ponorogo. Banyak hal penting lainnya yang harus kami kerjakan di Ponorogo. Maka biar kontingen reog saja yang berangkat tanpa didampingi oleh pejabat," tegasnya.

Para kontingen reog juga akan memamerkan berbagai produk budaya asli Ponorogo mulai batik hingga hasil kerajinan tangan lainnya.

Kang Bupati berharap dengan berangkatnya para seniman Reog ini mampu membuka mata dunia agar Reog Ponorogo segera diakui oleh UNESCO.

"Semoga mampu membuka mata dunia bahwa Reog Ponorogo layak sebagai warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO," harapnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama